FOTA Kompromi

Tim F1 melakukan penawaran penyelesaian masalah keuangan dengan FIA.

Max membanting pintu dihadapan kami semua.Asosiasi Tim F1(FOTA-Formula One Teams Association) telah mengajukan penawaran untuk menyelesaikan perseteruannya dengan pembuat aturan di F1 tentang perubahan aturan sebelum tenggat waktu Jum'at untuk mengikuti musim balap berikutnya tanpa syarat.

Kesepuluh tim peserta diumumkan dalam antrian musim lomba 2010 oleh FIA minggu lalu, dengan mengeyampingkan perseteruan yang sedang berlangsung antara mereka dengan FOTA.

Ferrari mengatakan bahwa mereka akan menarik diri dari kompetisi jika rencana pembatasan anggaran sebesar $60 juta tidak dibatalkan.

Keberatan FOTA akan aturan keuangan tersebut dikritik kembali oleh FIA yang memperingatkan akan adanya "senjata keuangan" dalam lomba nanti jika tidak segera diberlakukan.

Namun FoTA telah menulis surat ke President FIA Max Mosley dan Bos F1 Bernie Ecclestone untuk berkompromi dan mengakhiri perseteruan yang berkepanjangan ini.

Surat yang menyebutkan untuk menangkal "publisitas negatif tentang Formula 1" itu, ditanda-tangani oleh delapan anggota kuat di FOTA.

"Sudah waktunya untuk kepentingan oleh raga, kita semua harus kompromi dan menarik kesimpulan akhri dari perdebatan panjang tentang Musim Kompetisi 2010," demikian surat FOTA. "Kami berharap Anda mempertimbangkan bahwa surat ini mewakili langkah yang diambil beberapa tim yang berkomitmen untuk mengikuti olah raga ini sampai akhir tahun 2012."

"Karena itu secara tegas dan terhormat kami mengajukan usul dan mencari jalan untuk menghindari hengkangnya tim-tim penting dari Formula 1. Sudah waktunya untuk mencari solusi yang cepat dan masuk akal akan permasalahan yang ada."

FOTA mengajukan "Concorde Agreement"(sebuah dokumen rahasia yang mengatur komersialitas F1) baru berbasiskan perjanjian 1998, namun dengan perbaikan yang up-to-date.

Mengenai "Pembatasan Anggaran", yang akan dilanjutkan setelah pembicaraan terhenti pada hari Senin, FOTA mendesak bahwa mereka juga berkomitmen untuk menekan biaya.

FOTA juga mengajukan satu Akuntan Independent untuk menghasilkan metode pemeriksaan keuangan yang akan diimplementasikan oleh seluruh tim.

Segaba penutup, FOTA mendesak untuk diberlakukannya satu peraturan yang harus diterima oleh seluruh tim sebagaimana disebutkan oleh Pernyataan FIA di hari Selasa lalu.

Sebagai balasnya, tim-tim dalam FOTA menyetujui untuk membantu peserta baru dalam F1 dengan mesin berbiaya rendah dan paket "gearbox", juga syarat-syarat bantuan teknis untuk pengembangan Chassis.

Disebutkan juga bahwa Lima tim(McLaren, Renault, Toyota, BMW Sauber dan Brawn GP) sampai Jum'at sudah mendaftar tanpa syarat untuk mengikuti musim balap 2010.

**********************************************************

 

Kabar & Info Seputar Formula 1 © 2009. Blogger Template by Agus Barrichello