Dokumen Rencana FOTA Bocor

Salah Satu Tempat dimana FOTA akan menyelenggarakan F1 Tandingan, Monaco












Sebuah cetak biru Kalender "FOTA New Break Away Series" untuk tahun 2010 telah bocor, dengan tidak kurang dari 10 sirkuit yang sama dengan seri tahun ini dari total 17 sirkuit yang direncanakan.

FOTA sedang dalam percekcokan dengan presiden FIA Max Mosley atas peraturan untuk musim 2010, dan dengan munculnya jadwal yang baru dari seri tersebut meruntuhkan klaim Mosley bahwa tim tim tersebut hanya "gaya-gayaan" dan bahwa sebuah resolusi penyelesaian akan sengketa itu "sudah sangat dekat."

Tempat-tempat penyelenggaraan F1 tahun ini seperti Monaco, Silverstone, Monza, Abu Dhabi and Singapore masuk dalam daftar. Sementara sirkuit-sirkuit Imola, Montreal, Indianapolis, Magny-Cours and Suzuka yang tidak diikutsertakan dalam F1 terbaru masuk dalam daftar tersebut.

Ada perdebatan untuk mengikut-sertakan Sirkuit Jerez, yang berlokasi di Selatan Spanyol yang tidak menyenangkan bagi F1 karena Sang Walikota muncul di podium dan menyerahkan piala yang seharusnya diserahkan oleh orang terkemuka dari Daimler-Benz.

Ada kemungkinan juga untuk kembali ke Sirkuit di Adelaide, sirkuit yang sangat populer bagi GP Australia sampai tahun 1996, sampai kemudian Melbourne mengambil alih.

"Tidak mengejutkan jika Adelaide masuk dalam daftar tersebut, karena sangat, sangat populer saat sirkuit itu menyelenggarakan F1," kata konsultan lomba Mike Drewer.

Brasil tidak masuk daftar, namun Argentina dan Meksiko masuk daftar tersebut.

Sementara itu untuk Eropa, ada tambahan untuk memasukkan sirkuit canggih Portimao di Portuga, yang baru dibuka tahun 2008 dan sudah mentuanrumahi lomba World Superbike dan testing F1.

Surfers' Paradise - mentuanrumahi, Champ Cars, IndyCars dan V8 - dinominasikan sebagai cadangan jika sirkuit-sirkuit lain tidak bisa menyanggupi.

Pemegan Hak Komersial F1, Bernie Ecclestone telah mencoba mendinginkan rencana FOTA ini dan mengklaim bahwa tim-tim yang bertikai itu tidak memiliki kemampuan keuangan yang cukup untuk menyokong pengorganisasian kejuaraan mereka.


Jadwal Sementara FOTA 2010:
3 Maret - Buenos Aires, Argentina - Terakhir F1 thn 1998
21 Maret - Mexico City, Mexico - Terakhir F1 thn 1992
11 April - Jerez, Spain - Terakhir F1 thn 1997
25 April - Portimao, Portugal - belum pernah F1
2 Mei - Imola, San Marino - Terakhir F1 thn 2006
23 Mei - Monte Carlo, Monaco - Penyelenggara F1
6 Juni - Montreal, Canada - Terakhir F1 thn 2008
13 Juni - Indianapolis, United States - Terakhir F1 thn 2007
1 Juli - Silverstone, United Kingdom - Penyelenggara F1
25 Juli - Magny-Cours, France - Terakhir F1 thn 2008
15 Agustus - Laustizring, Germany - Never hosted F1
29 Agustus - Helsinki, Finland - Never hosted F1
12 September - Monza, Italy - Current F1 host
26 September - Abu Dhabi, United Arab Emirates - Penyelenggara F1
10 Oktober - Marina Bay, Singapore - Penyelenggara F1
24 Oktober - Suzuka, Japan - Terakhir F1 thn in 2006
8 Nopember - Adelaide or Surfers' Paradise, Australia - Terakhir F1 thn 1995

**********************************************************

FOTA Kompromi

Tim F1 melakukan penawaran penyelesaian masalah keuangan dengan FIA.

Asosiasi Tim F1(FOTA-Formula One Teams Association) telah mengajukan penawaran untuk menyelesaikan perseteruannya dengan pembuat aturan di F1 tentang perubahan aturan sebelum tenggat waktu Jum'at untuk mengikuti musim balap berikutnya tanpa syarat.

Kesepuluh tim peserta diumumkan dalam antrian musim lomba 2010 oleh FIA minggu lalu, dengan mengeyampingkan perseteruan yang sedang berlangsung antara mereka dengan FOTA.

Ferrari mengatakan bahwa mereka akan menarik diri dari kompetisi jika rencana pembatasan anggaran sebesar $60 juta tidak dibatalkan.

Keberatan FOTA akan aturan keuangan tersebut dikritik kembali oleh FIA yang memperingatkan akan adanya "senjata keuangan" dalam lomba nanti jika tidak segera diberlakukan.

Berita Selengkapnya.......

**********************************************************

 

Kabar & Info Seputar Formula 1 © 2009. Blogger Template by Agus Barrichello