Kemenangan Bagi Tim F1


















Tim-tim Grand Prix memenangi perang £1Milyar bagi masa deban F1 dengan setujunya Max Mosley kemarin(24/6/2009-seputarf1) untuk turun sebagai kepala dari badan pengatur olah raga(mobil-seputarf1).

Kedelapan tim "pemberontak" meraih kemenangan luar biasa, dengan perkataan Max Mosley bahwa ia tidak akan mencalonkan diri kembali saat pemilihan bulan Oktober nanti.

Setelah tim-tim F1 berjanji tidak akan meneruskan mengadakan kejuaraan F1 tandingan, Mosley, Presiden International Automobile Federation juga setuju untuk tidak memainkan peran lebih lanjut dalam mengatur F1, kendati perannya yang lain dalam FIA akan terus berlanjut. "Sepengetahuan saya tim-tim itu akan terus berusaha menyingkirkan saya di bulan Oktober," kata Mosley.

"Mereka akan terus begitu. Sampai orang yang mereka sukai tampil."
Setelah pengumuman tentang penyelesaian dan daftar peserta lomba F1 musim mendatan, Jabatan yang selama 14 tahun di pegangnya itu diakhiri dengan penyampaian dua setengah baris pernyataan.

Pernyataannya: "Menimbang perjanjian yang baru dan prospek stabilnya masa depan Formula Satu, Presiden FIA telah mengkonfirmasi keputusannya untuk tidak mencalonkan diri kembali dalam pemilihan Oktober mendatang." Tim-tim F1 sangat jengkel dengan aturan Mosley akan pembatasan anggaran sebesar £40m untuk musim berikut.

Boss F1 Bernie Ecclestone menanggapi pernyataan tersebut sebagai "sedikit konyol".

"Tidak ada alasan nyata kenapa semua pihak tidak bisa mufakat sebelumnya," katanya.

"Tapi saya senang, sesuatu sudah disepakati sekarang."
"Untuk adilnya bagi Max, dia berkeinginan mundur tahun lalu dan saya meminta jangan dulu sampai segalanya beres. Biar jelas saja, tidak ada seorangpun yang bisa memaksa Max untuk mencalonkan diri kembali. "Orang lupa akan apa yang sudah banyak dicapainya. Mereka melupakan hal-hal positif dan terus berkonsentrasi pada hal-hal yang negatif."

"Kami berteman sudah 40 tahun. Dia mengerti olah raga ini dan kami tahu bagaimana bekerja bersama. Saat dia membutuhkan bantuan saya bantu demikian juga sebaliknya."

"Intinya adalah FIA tetaplah yang dulu, kami mengerjakan apa yang biasanya kami lakukan dan tim-tim ini sudah memasuki kejuaraan."

Ecclestone mengatakan bahwa akan ada akhir dari "aturan abu-abu(grey rules)". Mulai sekarang kalau hitam yah hitam kalau putih ya putih.

Kurang dari 24 jam sesudah dengan beraninya Mosley memaksa akan ikut pemilihan, untuk menantang para pemberontak, dia sudah gagal. Dan tim-tim F1 menang untuk setiap poin yang mereka tuntut.
FIA menanggalkan ide Mosley yang memaksa pemotongan biaya menjadi sepertujuh dari angka £350m dan menolak mengadopsi dua tahun masa penyesuaian menjadi £100m.
Beberapa peserta baru termasuk USF1 dan Mano Campos.

Source Mirrok UK.

**********************************************************



Sebuah cetak biru Kalender "FOTA New Break Away Series" untuk tahun 2010 telah bocor, dengan tidak kurang dari 10 sirkuit yang sama dengan seri tahun ini dari total 17 sirkuit yang direncanakan.

FOTA sedang dalam percekcokan dengan presiden FIA Max Mosley atas peraturan untuk musim 2010, dan dengan munculnya jadwal yang baru dari seri tersebut meruntuhkan klaim Mosley bahwa tim tim tersebut hanya "gaya-gayaan" dan bahwa sebuah resolusi penyelesaian akan sengketa itu "sudah sangat dekat."

Berita Selengkapnya.......

**********************************************************

Berita-berita sebelumnya

 

Kabar & Info Seputar Formula 1 © 2009. Blogger Template by Agus Barrichello